TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA

Wednesday, November 11, 2009

Tips Menghadapi Masalah

. Wednesday, November 11, 2009

Pernahkan anda berjalan-jalan ke pemakaman? Adakah menurutmu diantara yang terbaring didalam tanah menghadapi masalah? Yang pasti semua yang sedang terbaring di bawah tanah tak lagi menghadapi masalah. Tetapi kepada semua mahluk hidup, masalah adalah merupakan bagian dari hidup. Hidup yang normal pasti menemui suatu masalah. Masalah adalah efek interaksi kehidupan. Bermacam masalah yang datang silih berganti menimbulkan bermacam akibat. Sakit, sedih, takut dan sebagainya yang semunya dinilai berlabel negatif. Masalah ekonomi, kesehatan, sosial adalah yang lebih sering terjadi.

Adakah anda menghadapi masalah saat ini? Masalah yang sedang anda hadapi saat ini bukanlah akhir dari segalanya atau akhir dari indahnya kehidupan. Percayakah anda, bahwa masalah akan berakhir dengan sendirinya dengan berbagai macam jalan dan dengan berjalannya waktu. Perlu anda ketahui, setalah anda melalui satu masalah maka masalah selanjutnya akan datangbahwa masalah selanjutnya akan datang, bisa saja masalah yang mungkin lebih ringan atau malah lebih parah. Masalah takkan pernah dapat dipisahkan dari dalam kehidupan. Masalah akan datang tanpa dapat diduga, kapan saja dan dimana saja. Jalan terbaik dalam menghadapi dan mengatasi dan masalah adalah dengan cara bijak.

Tahukah anda bahwa tingkat kesulitan suatu masalah adalah tergantung setiap insan dalam menghadapi masalah tersebut. Setiap orang mempunyai cara tersendiri dan berbeda dalam menghadap masalah. Besar dan kecilnya suatu masalah sangat berbeda dari satu individu dalam mengatasi maupun mencari jalan keluarnya. Seseorang yang sedang berhadapan dengan masalahlah, yang paling merasakan apa yang sedang dihadapi karena hanya dia yang mengalami serta dialah yang bisa merasakan kepahitan dengan maksimal.

Pada saat masalah memuncak, sering kali muncul ketidak sabaran, depresi dan tak jarang hampir putus asa. Apakah masalah yang memuncak menajdikan kita lari dari kenyataan? Hadapilah masalah yang datang dengan kepala dingin dan hati berserah. Setiap masalah yang datang selalu mempunyai arti tersendiri bagi kehidupan. Dan terkadang masalah membawa hikmat yang tiada duanya bagi kehidupan. Masalah terdakang sebagai pembelajaran bagi kehidupan. Yakin selalu bahwa akan ada hikmah yang sangat bermanfaat setimpal dengan penderitaan yang sedang kita alami.

Tips untuk menghadapi masalah, agar dapat tetap konsisten, sabar, tabah dan kuat.

1.Bersyukur
Sebuah buku mengatakan "apabila anda tidak memiliki masalah, berarti anda sedang dipersiapkan untuk menjadi sebuah barang rongsokan". Mengapa? Karena masalah walau tidak seorangpun di muka bumi ini menginginkan masalah, tapi masalah akan tetap datang selama anda masih bernafas artinya, selama anda masih hidup.
Masalah adalah tanda-tanda dari kehidupan. Walau tak seorangpun menginginkan masalah, tapi bersyukurlah atas masalah yang datang, karna itu tandanya, anda masih dipercayakan nafas kehidupan.

2. Sadari masalah dan penyebabnya
Banyak kali kita tidak menyadari mengapa ada masalah atau mengapa masalah datang. Banyak kali masalah datang, tanpa kita sadari adalah akibat dari kelalaian, atau ketidak sengajaan atau tanpa disadari.
Mengapa perlu kita menyadari msalah yang datang? Langkah ini diperlukan untuk mengidentifikasikan masalah, sejauh mana masalah yang datang dan sebagai dasar pencegahan untuk tidak terulang kembali di masa depan alias tidak tersandung dengan masalah yang sama untuk kedua kalinya.

3. Setiap orang mengalami masalah
Sadarilah bahwa setiap orang yang berada di muka bumi ini, pernah mengalami masalah. Tak pandang bulu, tua atau muda, besar atau kecil, kaya atau miskin, berpangkat ataupun tak berpangkat pasti mereka pernah menghadapi masalah. Yang membuat berbeda dari setiap orang yang mempunyai masalah adalah ada yang tampil sebagai pemenang, dan sebagian lagi berada di posisi kalah bahkan dalam keputusasaan. Bagi yang kalau dan putus asa yakinkan diri anda, bahwa anda dapat menjadi pemenang dalam menghadapi masalah. "Yakinkan diri bahwa Aku pasti bisa jadi pemenang"

4. Masalah pasti akan berakhir
Tidak ada yang kekal di dunia ini. Semua pasti sampai pada titik akhir tanpa terkecuali. Masalah yang sedang dihadapi seberat apapun itu, sesakit apapun itu, percayalah, bahwa masalah anda akan berakhir, jangan putus asa. Ambil hikmah yang berharga dari masalah yang datang menimpa anda.

Terkadang, masalah akan membuka mata hati, membuka luas pikiran, membuka jalan dan peluang kekuatan tersembunyi yang tidak didapatkan jika masalah tidak terjadi. Sakit akibat masalah yang sedang diderita akan membentuk pertahanan untuk menambah kekuatan tubuh setelahnya. Anggaplah masalah itu benteng pertahanan, untuk memperkokoh benteng pertahanan, yang segera membuat anda resistan.

5. Tidak Pernah Melebihi Kekuatan
Percayakah anda, bahwa Allah kita adalaah Allah yang hidup. Dia mengetahui kekuatan masing-masing kita. Dan Dia mengetahui ketidak sanggupan kita. Allah tidak akan pernah memberikan bahkan membebankan kepedihan kepada hambaNya melewati batas kesanggupan hamba-hambaNya.

Yakinlah, Allah Pencipta, Dia yang memiliki dan mengontrol pahit manis kehidupan dalam kehidupan kita. Gunakan doa sebagai senjata ampuh dan berkata-kata denganNya, karena Dia senantisa mendegar doa-doa yang dilayangkan dan doa yang lahir dari hati yang dalam sekalipun Dia sanggup kabulkan, atas persetujuanNya. Sabar dan tabah dan jangan menggerutu dalam menghadapi masalah.

6. Hidup tidak sendiri
Terkadang apabila masalah timbul, kita merasa seperti hidup hanya sendiri, seakan tidak ada lagi kekuatan. Perlu kita sadari bahwa hidup kita tidak sendiri. Ada Allah yang senantiasa selalu menjaga, ada keluarga serta sahabat yang bisa membantu meringankan masalah kita.
Berbagilah dengan keluarga, sahabat dan teman, karena fungsi mereka adalah tempat untuk berbagi saat kita dalam keadaan pahit atau manis. Jalin komunikasi yang efektif, jangan sungkan untuk meminta bantuan dari kerabat anda.

7. Jalan cerah dihadapan
Pikirkan, bahwa semua akan ada akhirnya. Tidak ada satupun yang tidak memiliki akhir. Yakinkan diri anda bahwa ada banyak jalan cerah berada dihadapan anda. Anda hanya dibutuhkan untuk membuka mata lebar-lebar, tatap ke depan, ada sesercah sinar terang memancar benderang di depan mata anda. Tatap dan terus maju melangkah. Jangan putus asa, atau berjalan mundur, tetapi tetaplah melangkah maju kedepan. Buat tujuan dan bulatkan tekad untuk segera mengahhiri setiap masalah yang menghalau anda.
Apabila saat ini, anda menghadapi sakit parah atau pasangan anda sedang terbaring sakit dan parah, dan pada saat yang sama keadaan keuangan tidak mencukupi, jangan menjadi alasan untuk tidak dibawa ke dokter untuk berobat. Tetapi, Bepikirlah sejenak! Pasti ada jalan keluar!
Anda misalnya bisa menghubungi teman-teman dekat anda, teman-teman semasa SMA, teman-teman semasa kuliah, teman-teman gereja atau teman sekerja anda.
Atau anda dapat mengajukan diri untuk berhutang kepada teman, kantor ataupun saudara agar dapat membayar pengobatan. Ingat, penyakit apabila tidak diobati akan semakin parah. Apabila sudah parah, maka biaya yang diperlukan akan lebih banya. Hutang memang masalah, tapi penyelesaian dapat dilakukan kemudian. Buat skala prioritas. Dahulukan yang lebih penting diatas yang perlu.

8. Seorang manusia sejati
Anda akan menjadi seorang manusia sejati apabila anda dapat menghadapi masalah dan melaluinya.
Masalah diluar kemampuan dan kesanggupan, tidak dapat diberi komentar, karena terkadang memang begitulah jalan akhir. Karena tidak selalu anda dapat jadi pemenang, tetapi paling tidak anda pernah dihadapkan pada suatu masalah dan tanpa ada jalan akhir. Walau perih, tetaplah untuk bisa tersenyum dan bangga. Karena anda telah berbuat sedaya mampu atau sekuat tenaga, banggalah menerima ujian dari Allah, karena anda diberi kesempatan untuk menerimanya. Walau terkadang hasil tidak maksimal, tetapi kenyataan hidup harus tetap diterima dengan lapang dada.


9. Akan ada masalah baru menyusul
Perlu disadari, saat satu masalah terlalui, percaya atau tidak akan ada masalah selanjutnya yang akan datang, mungkin-mungkin masalah lain yang lebih besar atau lebih kecil. Camkan "semasih nafas masih ada dan denyut jantung berdetak", maka masalah akan tetap ada dan datang. Bersiaplah menunggu, tidak perlu terkejut untuk menerimanya, tetapi berjanjilah akan menghadapinya dengan bijak, tersenyum dan tabah.

Tersenyum, Tebarlah senyum. Tiap saat tawarkan pertolongan dan jadilah penolong disaat orang lain membutuhkan, karena suatu saat kita pasti butuh pertolongan. Penolong disaat yang tepat adalah jelmaan malaikat bagi yang tertolong.

"Masalah-masalah yang anda hadapi tidak akan pernah melebihi kemampuan anda"
Mudah-mudahan berguna!

0 comments:

Erna Website

 

Kamus Bahasa Indonesia

Subscribe Now: iheart

I heart FeedBurner

Erna Website is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com