TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA

Monday, November 2, 2009

Pertolongan Pertama Pada Penderita Serangan Jantung

. Monday, November 2, 2009

Saya merasa terpanggil untuk memperbaiki artikel yang banyak beredar dengan berbagai judul tetapi intinya adalah "ASPIRIN ADALAH MERUPAKAN OBAT PERTONGAN PERTAMA BAGI PENDERITA SERANGAN JANTUNG! SEDIAKAN ASPIRIN SELALU" Malah dalam suatu artikel ditulisakan "Segera larutkan dua aspirin dalam mulut Anda dan telan dengan sedikit air". Setelah itu- telepon tetangga atau anggota keluarga yang tinggal dekat dengan Anda- katakan dengan Segera....;"Serangan Jantung" katakan bahwa Anda telah meminum 2 aspirin.- duduk di atas kursi atau sofa dekat dengan pintu depan, dan tunggu kedatangan mereka dengan Harapan yang besar, serta... ~Dilarang Berbaring~". Diakhir setiap artikel, hampir semua isinya sama, mengatas namakan "pesan dari dokter ahli jantung atau cardiology" untuk diteruskan...!

Merasa tergelitik dengan artikel tersebut, saya menuliskan artikel ini, dengan maksud meluruskan, dan sayapun menuliskan artikel ini setelah mengadakan cross check dengan beberapa dokter, dan searching dari beberapa literatur.

Ini yang dinamakan era globalisasi dan "era high tech", dimana kita hidup saat ini. Akibat dari kecangihan tehnology, setiap orang berhak berbicara, menuangkan pengetahuan maupun idenya melalui tulisan di berbagai situs, yang kelak dapat diakses orang bahkan dipercaya. Sejujurnya sebagai seorang perawat ada banyak hal, yang ditulis tidak sesuai atau sudah kedaluarsa alias jadul.

Perlu ketahui bahwa ilmu kedokteran atau ilmu tentang kesehatan adalah dinamis, selalu ada perkembangan dari waktu ke waktu. Berkembang pesat, dengan banyaknya para peneliti yang bekerja secara bergandengan tangan dan bersungguh-sungguh dengan perusahaan pembuat obat-obatan. Semua dilakukan hanya untuk satu hal, bagaimana memerangi, mencegah atau menangkal penyakit yang semakin hari semakin banyak. Berbeda dengan ilmu pasti, atau matematika, dari zaman Adam sampai zaman pemerintahan Obama Obarak, bahwa dua tambah satu tetap 3, tanpa dapat ditawar-tawar.

Nah, kita kembali kepada artikel mengenai serangan jantung. Serangan jantung adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja, kapan saja dan dimana saja, tanpa memandang usia. Orang-orang yang beresiko mengalami penyakit jantung seperti perokok, penderita tekanan darah tinggi, jumlah cholesterol dalam darah cukup tinggi, penderita diabetes dan kegemukan, kurang berolah raga, makan makanan yang tidak sehat, stress yang berkepanjangan terutama yang memiliki personality tipe "A", juga adanya faktor genetik dan faktor-faktor lainnya.

World Health Organization badan kesehatan dunia, tahun 2004 melaporkan bahwa penyakit Jantung Koroner atau Cardiovascular Diseases (CVDs), secara global berada diurutan pertama penyebab kematian. Ada sekitar 17.1 juta orang atau kurang lebih 29% dari jumlah penduduk dunia meninggal akibat dari penyakit jantung koroner dan stroke.
Lebih lanjut dalam survey dikatakan bahwa pada tahun 2030, diperkirakan 23.6 juta orang akan meninggal akibat dari penyakit pembuluh darah, terutama akibat dari serangan jantung secara tiba-tiba dan stroke.
Penelitan yang diberi nama proyek"the single leading causes of death" atau "penyebab utama kematian" mengatakan bahwa daerah Eastern Mediterranean mengalami peningkatan presentasi terbesar, terserang penyakit jantung dan daerah South-East Asia, dimana Indonesia berada di daerah dikatakan bahwa penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi penyebab kematian.

Tanda-Tanda Awal Terserang Penyakit Jantung
1.Sakit atau perasaan tidak nyaman, seperti ada yang menekan berpusat tengah-tengah dada (pain or discomfort in the centre of the chest)

2. Sakit atau perasaan tidak nyaman menjalar ke tangan sebelah kiri, merambat ke bahu sebelah kiri, sakit merambat seluruh pergelangan tangan kiri dan siku , rahang dan ke bagian belakang (pain or discomfort in the arms, the left shoulder, elbows, jaw, or back)

3. Biasanya setelah adanya gejala rasa sakit yang amat sangat pada dagu, akan disusul dengan mual (nausea), banyak berkeringat. Tanda-tanda ini dapat terjadi tetapi lebih jarang.

Sekitar 60% penderita jantung mengalami serangan saat tidur sehingga ada kemungkinan "Tidak ada kesakitan pada Dada pada saat Serangan Jantung" terjadi, tetapi yang didapati adalah dia sudah tidak terbangun lagi. Saat serangan jantung terjadi gejala rasa sakit dapat dirasakan dengan jelas, pada penderita yang sedang tertidur saat mengalami serangan jantung karena dalam keadaan tidur, maka gejala kesakitan tidak terlihat pada penderita yang mengalami serangan jantung saat tidur, tetapi tiba-tiba saat terbangun penderita sudah tidak dapat menggerakkan tubuhnya akibat serangan stroke atau penderita meninggal saat tidur.

Cara Kerja Aspirin, dan Kegunaannya?
Artikel yang banyak beredar di internet, dikirim ke berbagai milis, bahkan ada juga yang mengirimkan kepada situs jejaring pertemanan, bahkan banyak di tulis di berbagai blog semua dengan inti temanya adalah "Berikan Aspirin! Aspirin, merupakan pertolongan pertama bagi penderita serangan jantung" dan dalam artikel yang ditulis diakhiri dengan embel-embel "mengirim kepada 10 orang, mungkin satu jiwa dapat diselamatkan!"
Bagaimana cara kerja Aspirin yang sebenarnya? Cara kerja Aspirin adalah untuk mengencerkan darah. Apabila seseorang mengalami serangan jantung tiba-tiba (memang, serangan jantung biasanya datangnya tiba-tiba), atau serangan jantung datang maka aspirin tidak dapat bekerja dengan cepat, sebab cara kerja Aspirin adalah hanya untuk mengencerkan darah.

Jadi apa dong yang perlu kita persiapkan atau diberikan paling tidak pertolongan pertama pada penderita serangan jantung, sebelum dibawa ke Rumah Sakit terdekat? Isosorbide Dinitrate (ISDN). Isosorbide Dinitrate, obat yang berasal dari turunan Nitrates. Apa sebenarnya kegunaan Nitrate? Nitrate adalah merupakan vasodilators untuk membuka atau memperlebar pembuluh darah. Pada penderita serangan jantung, pembuluh darah mengalami vasokonstriksi atau penyempitan, sehingga dibutuhkan obat yang dapat bekerja cepat untuk memperlebar dinding pembuluh darah sehingga aliran darah dari dan menuju jantung dapat mengalir lancar.

Kapan Isosorbide Dinitrate (ISDN) diberikan?
Gejala khas seseorang terserang penyakit Jantung Koroner, rasa sakit seperti ada yang menekan di dada kiri, sampai menjalar ke kelingking atau punggung, segera letakkan 1 tablet Isosorbide Dinitrate (ISDN) di bawah lidah penderita, apabila dalam 5 menit, rasa sakit belum juga hilang, letakkan lagi, 1 tablet Isosorbide Dinitrate (ISDN)di bawah lidah. Segera bawa ke dokter.
Tablet Isosorbide Dinitrate (ISDN) tidak mahal. Bisa dibawa di dompet untuk persediaan dan pencegahan dan memberikan pertolongan bagi kerabat, teman-teman atau siapa saja yang mengalami serangan jantung.
Saya akan mengutip ending dari artikel tersebut "setelah membaca artikel ini, kirim kepada 10 orang, mungkin satu jiwa dapat diselamatkan!
Saya telah berbagi informasi.....Bagaimana dengan Anda?
Teruskan informasi ini yang akan menyelamatkan hidup Orang Tua, Rekan-Rekan dan Saudara- Saudara terdekat anda...!!!
Mudah-mudahan bermanfaat!

0 comments:

Erna Website

 

Kamus Bahasa Indonesia

Subscribe Now: iheart

I heart FeedBurner

Erna Website is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com