TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA

Sunday, December 6, 2009

Meletakkan Telepon Selular Di Pinggang Dapat Mengakibatkan Pengeroposan Tulang

. Sunday, December 6, 2009

Sesuatu pemandangan sangat biasa terutama pada pria meletakkan telepon seluler diikat pinggang. Hal dilakukan hanyalah untuk mencegah terjadinya ketinggalan handphone akibat kelupaan atau mempermudah saat telepon berdering. Sebuah penelitian baru-baru ini dilakukan oleh Suleyman Demirel University di Isparta, Turki, melaporkan bahwa meletakkan handphone di pinggang dapat menimbulkan tulang keropos. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menemukan fakta bahwa telepon seluler yang sering diletakkan di pinggul dapat mengurangi kepadatan tulang di area pelvis yang biasa digunakan untuk pencangkokan tulang.


Dr.Tolga Atay, peneliti dari bidang elektromagnetik mengatakan "Untuk sementara waktu, ada baiknya memastikan kalau menempatkan telepon seluler sejauh mungkin dari tubuh, sepanjang kita hidup". Mengapa? Karena elektromagnetik diemisikan oleh telepon seluler dapat membahayakan kepadatan tulang. Karena itu, telepon seluler generasi mendatang diharapkan bisa mengurangi paparan bidang elektromagnetik terhadap pengguna.

Sebuah studi dilakukan oleh Journal of Craniofacial Surgery, terhadap 150 laki-laki yang membawa telepon seluler di ikat pinggang dan membawa telepon seluler di pinggul sekitar 15 jam sehari, selama enam tahun lamanya. Para peneliti menggunakan X-ray absorptiometry untuk mengukur kepadatan tulang pada bagian lingkar atas pelvis (iliac wings/sayap penyambungan tulang kelangkang dan tulang usus).

Hasil Yang Didapat:
Sebuah fakta dari hasil penelitian tersebut menemukan bahwa kepadatan tulang menurun pada sisi pelvis dimana telepon seluler diletakkan selama masa penelitian berlangsung. Hasil penelitiam menunjukkan adanya perbedaannya tidak terlalu signifikan dan tidak mendekati batas penurunan kepadatan seperti penderita osteoporosis. Akan tetapi, pada laki-laki masih relatif muda (rata-rata usia 32) didapatkan penurunan massa tulang tetap akan berlanjut.

Iliac wings dan pelvis kegunaannya adalah untuk pencangkokkan tulang. Artinya, setiap pengurangan kepadatan tulang akan mempengaruhi operasi rekonstruksi. Dalam prosesnya, kepadatan tulang sangat penting untuk mendapatkan hasil yang baik, dokter sebaiknya mempertimbangkan efek paparan bidang elektromanetik dari telepon seluler.
Ada baiknya mulai menghentikan kebiasaan meletakkan telepon selular anda pada pinggang.


0 comments:

Erna Website

 

Kamus Bahasa Indonesia

Subscribe Now: iheart

I heart FeedBurner

Powered By Blogger
Erna Website is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com