TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA

Tuesday, December 8, 2009

Tips Cara Minum Air Putih Yang Benar

. Tuesday, December 8, 2009

Kebutuhan pemasukan akan air putih setiap hari sangatlah perlu diperhatikan. Karena ginjal yang hanya sebesar kepalan kita memiliki fungsi luar biasa dalam mengendalikan fungsi organ tubuh. Pada prinsipnya adalah jumlah air yang masuk harus sama dengan jumlah air yang keluar.

Berapa jumlah air yang dikeluarkan tubuh setiap hari?
Air dikeluarkan tubuh melalui air seni dan keringat dan kotoran.
Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari.
Apabila jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50 – 400 g/hari, maka kandungan air adalah sekitar 60 – 90 % bobot tinja atau sekitar 50 – 60 ml air sehari.

Air yang terbuang melalui keringat dan saluran napas dalam sehari maksimum 1 liter, tergantung suhu udara sekitar dan faktor-faktor pengeluaran air lainnya seperti melalui pernapasan. Seseorang yang mengalami demam, kandungan air dalam napasnya akan meningkat. Sebaliknya, jumlah air yang dihirup melalui napas berkurang akibat rendahnya kelembapan udara sekitamya.

Kondisi tubuh akan menurun apabila kadar air dalam tubuh menurun, apalagi apabila tidak dengan segera memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Seorang Dokter Ahli penyakit Jantung, dari AS, mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 %! Bisa dimengerti bila kehilangan 7%, kita akan mulai merasa lemah dan lesu.
Apabila beraktivitas banyak maka makin banyak pula air yang terkuras dari tubuh, Dr James M. Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan otomatis akan banyak juga kebutuhan akan air yang dibutuhkan oleh tubuh. Pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus. Kebiasaan banyak minum, pakah sedang haus atau tidak, merupakan kebiasaan sehat!

Cara Minum Air Yang Benar
Minum air 6-8 gelas per hari
Minum 1/2 jam sebelum makan dan 1 1/2 jam sesudah makan
2 gelas waktu bangun pagi
Minumlah diantara jam makan
Jangan minum pada waktu makan

0 comments:

Erna Website

 

Kamus Bahasa Indonesia

Subscribe Now: iheart

I heart FeedBurner

Erna Website is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com