TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA

Wednesday, October 7, 2009

Trik Persiapan Menghadapi Gempa

. Wednesday, October 7, 2009

Pada akhir-akhir ini gempa terjadi dimana-mana dan dikhawatirkan akan terjadi gempa yang lebih besar lagi, entah itu akan terjadi kapan, tidak satu orangpun yang tahu, baik itu ahli per-gempaan sekalipun. Para ahli bisa memprediksi tetapi tidak dapat dengan jelas menginformasikan kapan, dimana, jam berapa, hari apa gempa akan terjadi. Yang penting kita tetap waspada.

Trik Persiapan Menghadapi Gempa:
1. Berserah
Hidup adalah pemberian dan hanya sementara, karena Yang Kuasa sudah mengatur semua. Olehnya serahkan semua ke dalam tangan serta perlindunganNya, serta selalulah meminta perlinduganNya dalam setiap langkah kehidupan

2. Tenang
Berita mengenai gempa bumi, terdengar dimana-mana melalui media elektronik seperti Televisi, Radio bahkan media cetak. Hampir setiap isi berita memberitakan, gempa bumi dapat terjadi setiap saat, kapan saja dan dimana saja. Oleh karena banyaknya pemberitaan dan penderitaan akibat gempa bumi menjadikan banyak orang menjadi ketakutan. Ketakutan yang mengakibatkan terganggunya menjalani aktifitas sehari-hari. Bersikap tenang dan tidak panik, adalah kunci dalam menghadapi setiap permasalahan. Usahakan diri anda tenang dan tidak panik

3. Alarm Saat Tidur
Lebih banyak jumlah korban saat gempa terjadi di malam hari. Mengapa? Karena pada malam hari adalah saat semua orang beristirahat atau tidur. Sehingga apabila bencana gempa bumi terjadi pada saat jam dimana orang terlelap tidur, banyak yang tidak merasakan atau tidak sadar. Bagaimana mengantisipasi gempa saat malam atau terlelap tidur. Kita bisa membuat Barometer Alamiah.
Barometer Alamiah adalah Alarm Alamiah yang dapat kita gunakan di malam hari saat kita tidur. Alarm alami ini dapat membangunkan kita saat gempa terjadi.
Dengan cara meletakkan gelas berisi air di pinggir meja atau disamping dekat dengan tempat tidur atau ranjang dimana kita tidur. Gelas akan jatuh, air tumpah dan sehingga kita terbangun saat gempa terjadi di malam hari saat terlelap tidur. Barometer alamiah ini sangat diperlukan, terutama bagi yang terbiasa tertidur lelap.

4. Membuat Keributan
Membuat keributan, merupakan sinyal awal pemberi aba-aba terjadinya gempa pada saat kita berada di rumah. Seringkali tanpa kita sadari gempa terjadi sementara kita tidak merasakan oleh karena kesibukan ataupun sedang terlelap tidur.
Terjadinya keributan memberikan sinyal, bahwa gempa bumi sedang terjadi. Apa yang dapat dilakukan? Caranya adalah menempatkan barang-barang plastik berbentuk tinggi, seperti gelas, hiasan meja atau vas bunga di pinggir meja. Apabila gempa terjadi benda-benda tersebut akan berjatuhan dan membuat keributan. Dan kita bisa segera menyelamatkan diri.

5. Pintu Kamar Tidur
Saat anda tidur usahakan untuk tidak mengunci kamar tidur. Mengapa? Untuk mengurangi kepanikan. Membiarkan pintu kamar tidak terkunci saat tetidur lelap, mempermudah menyelamatkan diri saat gempa terjadi.

6. Letakkan Kunci Satu Tempat
Meletakkan kunci pintu utama dan kunci gerbang di satu tempat. Usahakan kunci diletakkan di tempat yang mudah dijangkau dan semua anggota keluarga mengetahui tempatnya. Meletakkan kunci di tempat di tempat yang sama dan mudah dijangkau mempermudah untuk menyelamatkan diri saat gempa bumi terjadi.
Semoga bermanfaat!

0 comments:

Erna Website

 

Kamus Bahasa Indonesia

Subscribe Now: iheart

I heart FeedBurner

Erna Website is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com