TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA

Sunday, April 25, 2010

Tips Mencegah Stroke

. Sunday, April 25, 2010

“Saat ini tambah banyak saja orang muda yang terserang stroke,” ungkap Dr. S. Wiryanto dari Tugu Medical Centre, Jakarta.

Penderita Stroke Terus Meningkat
- Pada tahun 1998 stroke merupakan penyebab utama kecacatan dan penyebab kematian nomor dua di dunia, dengan lebih dari 5,1 juta angka kematian.

- Perbandingan angka kematian akibat stroke di negara berkembang dengan negara maju lima banding satu (5:1).

- Tercatat lebih dari 15 juta orang menderita stroke nonfatal.

- Pada tahun 2020 diperkirakan 7,6 juta orang akan meninggal karena stroke. Peningkatan tertinggi akan terjadi di negara berkembang, terutama di wilayah Asia-Pasifik.
Dr. Wiryanto, berkata di Indonesia "terjadi sekitar 800-1.000 kasus stroke setiap tahunnya", dimana salah satu penyebab meningkatnya kasus penyakit pembuluh darah, seperti jantung dan stroke, adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Meningkatnya usia harapan hidup, kemajuan di bidang sosial ekonomi, serta perbaikan di bidang pangan, tidak dibarengi dengan kesadaran tersebut. Karena masyarakat di negara berkembang terutama Indonesia sudah sejak usia muda dimanjakan dengan gaya hidup sembarangan.

Menjadi pertanyaan dapatkah strike dicegah?
Sangat diperlukannya pegendalian kepada beberapa faktor resiko, seperti darah tinggi, diabetes, kurang olah raga,dll, tetapi makanan dan cara makan yang sehat adalah merupakan salah satu cara paling baik untuk mencegah stroke:

4 Tips Makanan sehat untuk pencegahan stroke:
1. Makan dalam porsi yang kecil
Makan adalah merupakan asupan bagi tubuh. Manusia takka dapat berkatifitas tanpa adanya asypan makanan. Tetapi banyak sekali orang yang mati hanya karena makanan. Tidak dapat mengendalikan selera makan.
Memakan makanan melebihi dari kebutuhan tubuh akan memaksa tubuh untuk memetabolisir dan menyimpan ekstra kalori serta dapat meningkatkan berat badan.

2. Gunakan garam secukupnya
Garam selalu digunakan kepada semua jenis makanan, baik itu makanan gurih ataupun manis, selalu dibubuhkan garam, walau hanya sedikit. Makanan akan terasa hambar tanpa garam. Tahukah anda bahwa garam akan menyebabkan tubuh menahan cairan serta meningkatkan tekanan darah. Gunakanlah garam secukupnya, tidak berlebihan. Biasakan untuk menghindariyang asin-asin atau makanan yang memiliki kadar tinggi kandungan garam, seperti makanan kaleng dan kecap, jenis makanan mengandung tinggi garam lainnya.

3. Jadikan makanan tidak sehat suatu pengecualian dan bukan keharusan.
Jagalah selera makan terhadap makanan gorengan dan makanan enak. Sangat banyak makanan enak yang tidak begitu sehat. Kendalikan selera untuk memilih makanan sehat bukan memilih makanan enak tetapi tidak sehat. Mendapatkan makanan bergizi dan sehat biarlah menjadi keharusan bukan pengecualian, tetapi mengendalika selera makan dengan memilih makanan sehat walau tidak menimblkan selera akan jauh lebih baik. Tetap pertahankan gizi sehat walau kurang menggugah selera.

4. Pertahankan kolesterol dalam batas normal
Mempertahankan kolesterol didalam darah dalam batas norma, khususnya LDL Kolesterol agar tetap berada dalam batas normal. Tingkatkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol yang baik (HDL). Mempertahankan kolesterol darah dalam batas normal akan mempertahankan keelastisitasan pembuluh darah dan mencegah perkapuran dan stroke.

Mudah-mudahan berguna!


BACA ARTIKEL LAINNYA:

0 comments:

Erna Website

 

Kamus Bahasa Indonesia

Subscribe Now: iheart

I heart FeedBurner

Erna Website is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com