TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA

Thursday, May 13, 2010

Madu Baik Bagi Penderita Kencing Manis/Diabetes Melitus Tipe 2

. Thursday, May 13, 2010

Hasil dari suatu penelitian menunjukkan bahwa madu asli sebagai pemanis alamiah sangat baiki dan bermanfaat bagi mereka penderita Tinggi Kolesterol dan Diabetes Tipe 2.
Diabetes tipe 2, diabetes yang timbul pada usia tua karena kelenjar pancreas menurun kemampuannya untuk mengubah gula(glucosa asal tebu) menjadi bentuk yang mudah disimpan dalam hati & otot sehingga gula tidak/kurang disimpan dalam hati dan otot dan sebagai akibatnya kadar gula darah meningkat.
Hampir sama seperti seekor semut mati karena gula banyak, karena tidak atau kurang dapat digunakan oleh tubuh. Demikian juga pada Diabetes Tipe II dapat disebabkan oleh karena pancreas yang menghasilkan insulin tetapi jaringan tubuh termasuk otot dan hati tidak peka lagi sehingga walaupun insulin sudah diproduksi berlebihan tetapi tidak efektif, karena gula dalam darah tidak dapat disimpan dalam hati dan akibatnya kadar gula darah akan meningkat dengan segala konsekuensinya.

Yang dimaksudkan dengan gula adalah glukosa seperti yang terdapat dalam gula pasir atau gula murni. Madu mengandung gula buah yaitu fruktosa dan glukosa atau gula tebu dalam perbadingan 1:1.
Gula fruktosa dalam madu mempunyai kelebihan karena mempermudah pembukaan kunci untuk mengubah gula agar mudah disimpan dalam hati dan otot dan sehingga gula dalam darah bisa meningkat tetapi tidak setinggi kalau mengkomsumsi gula pasir atau glukosa.

Penderita Diabetes tipe II bisa juga disebabkan oleh tidak pekanya hati dan otot terhadap insulin sehingga gula tidak dapat disimpan dalam hati akan beredar di dalam darah. Fruktosa pada madu akan meningkatkan kepekaan hati dan otot sehingga gula glukosa mudah dapat disimpan dan tidak kelebihan di dalam darah.

Dapat dikatakan bahwa gula fruktosa dalam madu adalah gula yang baik dan glukosa adalah gula yang kurang baik pada diabetes Tipe II

Madu sangatlah baik bagi penderita diabetes dalam jumlah yang wajar. Satu sendok setiap hari tidaklah menjadi masalah. Penderita diabetes tipe II tetap bisa makan obat diabetes, bisa dicampur dengan madu yang dilarutkan didalam satu gelas air, tanpa masalah. Sebaiknya, agar secara teratur memeriksakan gula darah agar dosis obat yang dicampur dengan madu tidak meningkatkan gula darah diatas normal.

Manfaat Madu bagi penderita Diabetes Tipe 2 dan Tinggi Kolesterol.
Madu dapat mengurangi kadar
- Kolesterol sebesar 7%
- Trigliserida sebesar 2%
- C-reactive protein sebesar 7%
Pada penderita penyakit jantung dan stroke, C-reactive protein dan Homcystein protein meningkat begitu juga kolesterol.
- Homcystein sebesar 6%
- Gula darah sebesar 6%
Penderita diabetes tipe 2 pemberian madu asli hanya menimbulkan peningkatan gula darah akan lebih rendah.
- Meningkatkan HDL kolesterol sebesar 2%
- Sumber Vitamin B2, B6
- Mengandung Zat besi dan mangan

1 comments:

Anonymous said...

thx infonya

Erna Website

 

Kamus Bahasa Indonesia

Subscribe Now: iheart

I heart FeedBurner

Erna Website is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com