TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA

Tuesday, April 28, 2009

Surat Lamaran Kerja Bagian 2

. Tuesday, April 28, 2009

“Penting untuk di ingat dalam Mengirim Surat Lamaran !!!”
Terkadang kita lupa, kenapa setiap kita membaca lowongan kerja dikoran, dikampus, ataupun informasi dari teman,dengan cepat kita mengirimnya, terkadang kita menunggu berhari-hari,berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun belum juga ada panggilan. Dan terkadang kita bareng mengirim surat lamaran kerja seperti contoh saja kita sama-sama melihat lowongan kerja di Koran pada tanggal yang sama di perusahaan yang sama dan mengirim lamaran sama-sama, tetapi terkadang teman kita kepanggil kitanya tidak.

Tentu ada pertanyaan besar KENAPA?

Ada hal yang perlu diperhatikan dalam melamar SURAT LAMARAN ke sebuah perusahaan, dari pengalaman penulis ada hal yang perlu kita ketahui:

1. Harus lihat perusahaan tersebut, dia menginginkan lamaran kerja tersebut dikirim VIA POS, atau email. Tetapi kebanyakan perusahaan besar di indonesia menginginkan dikirim via pos, kecuali perusahaan tersebut ada yang menginginkan lewat email dimaksudkan agar lamaran tersebut instant di baca oleh manager hrd atau user yang bersangkutan.

2. Saat mengirim surat lamaran keperusahaan, sebisa mungkin dan harus menggunakan KILAT khusus,Jangan menggunakan Perangko, walaupun jumlahnya banyak, hal ini dimaksudkan bahwa perusahaan itu melihat ke antusiasan kita dalam melamar ke perusahaannya, dan kalau bisa mengirim surat lamaran lebih awal lebih bagus.

3. Sebisa mungkin isi lamaran kerja kita dibuat semenarik mungkin, dan serapi mungkin, dimaksudkan agar HRD perusahaan yang kita lamar tidak jenuh dan penuh antusias membaca lamaran kita, karena melihat yang melamar banyak. Jangan lupa mencantumkan FC KTP,SIM A&C (Nilai +), dan foto ukuran 4X6 dihalaman depan surat lamaran.

4. Tulisan isi lamaran , CV, dan lainnya harus computer.
5. Masukan semua FC sertifikat, prestasi(achievement) baik selama sekolah ataupun kuliah

6. Dalam CV masukan kegiatan keaktifan positif, yang bersifat technology seperti conth Workshop,jangan melampirkan kegiatan kita di bidang politik, karena ini membawa dampak yang kurang baik bagi perusahaan. Dan perusahaaan akan memikirkan hal tersebut karena HRD takut akan privasi perusahaan dan sebagainya diketahui, dan apalagi yang kita lamar adalah bersifat ENGINEER.

7. Dalam memasukan surat lamaran ke dalam amplop, harus rapi dan jangan sampai terlipat, apalagi sampai tertekuk.dan yang terpenting harus dilem, kebanyakan kita lupa, amplop yang sekarang menggunakan lilitan benang,terkadang kita menganggap remeh karena ingin cepat cukup kita lilitkan saja, HATI-HATI ini penting karena perusahaan melihat bila kita tidak me-lem amplop surat kita, berarti HRD tersebut menganggap isi surat lamaran kita yang kita kirim tidak terjaga kerahasiannya/ terkesan tidak serius.

8. Dan terakhir jangan lupa alamat perusahaan yang kita tuju. Sebisa mungkin cover alamat perusahaan yang kita tuju semenarik mungkin.

Semua akan berhasil bila kita sering berdoa, minta restu orang tua dalam melamar kerja dan tentunya optimis akan dipanggil di perusahaan yang di lamar.

1 comments:

Dewa Setiawan said...

postingan bermanfaat. saya telah gunakan sebagai referensi untuk mengirim lamaran via pos.

kunjungi blog saya jika ada waktu :D
dewasetiawan.blogspot.com

Erna Website

 

Kamus Bahasa Indonesia

Subscribe Now: iheart

I heart FeedBurner

Erna Website is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com