TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA

Tuesday, April 28, 2009

Flu Babi Sama Dengan Flu Burung?

. Tuesday, April 28, 2009

VIRUS FLU BABI / SWINE FLU Swine flu "PIG FLU "(flu babi),
memiliki potensi pandemi karena dapat menginfeksi orang," kata Direktur Jenderal WHO Margaret Chan, Sabtu (25/4). Penetapan status darurat kasus swine flu (flu babi) oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), membuat Departemen Kesehatan mengedarkan surat kewaspasdaan dini, ke seluruh kantor kesehatan.


Apakah Flu babi itu ????
Pig Flu or Swine Influenza atau disebut juga Flu babi adalah penyakit influenza yang disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1 yang dapat ditularkan melalui binatang, terutama babi, dan ada kemungkinan penularan antar manusia. "Secara umum penyakit ini mirip dengan influenza,gejala klinisnya sama,"
Apa bedanya dengan Flu Burung ???

Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) yakin pada saat ini strain tipe baru flu yang ada merupakan gabungan antara virus unggas, babi dan manusia. Virus tersebut berbeda dengan virus Flu Burung.. Pada Flu Burung, virus H5N1 tidak ada penularan antar manusia atau dari manusia ke manusia. Dugaaan sementara, virus H1N1 penyebab Flu Babi dapat menular antar manusia.

Apa Gejalanya terinfeksi flu babi ???
Secara umum penyakit ini mirip dengan influenza (Influenza Like Illness-ILI)

Gejala klinis:
· Demam, · Batuk pilek,
· Lesu, letih, · Nyeri tenggorokan,
· Napas cepat atau sesak napas · Disertai mual, muntah dan diare.

Bagaimana penularannya ????
Cara penularan flu babi melalui udara dan dapat juga melalui kontak langsung dengan penderita dengan masa inkubasinya 3 sampai 5 hari.

Pencegahannya ???
Masyarakat dihimbau untuk mewaspadai seperti halnya terhadap flu burung dengan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, menutup hidung dan mulut apabila bersin, mencuci tangan pakai sabun setelah beraktivitas, dan segera memeriksakan kesehatan apabila mengalami gejala flu.

Menurut CDC, obat Tamiflu dan Relenza sejauh ini terlihat efektif melawan serangan virus flu babi tersebut. Statistik kasus saat ini 28 April 2009 : 1400 orang telah terjangkit di meksiko, 106 orang meninggal dunia 20 orang di Amerika Serikat 1 orang di New Zealand 1 orang di Israel

0 comments:

Erna Website

 

Kamus Bahasa Indonesia

Subscribe Now: iheart

I heart FeedBurner

Powered By Blogger
Erna Website is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com