TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA

Wednesday, April 29, 2009

Bangun Lebih Pagi Lebih Bagus

. Wednesday, April 29, 2009

Bangun Lebih Pagi. "Tidur lebih awal dan bangun pagi-pagi membuat seseorang sehat, makmur, dan bijak" - Ben Franklin

Dalam dua bulan ini, kegiatan di internet membuat ritme hidup saya kacau. Belakangan saya hidup bagaikan burung hantu. Koneksi internet yang lelet di siang hari membuat saya menyukai browsing dan update artikel di malam hari. Saya tidur setelah jam 12 malam dan bangun lebih siang. Saat bangun badan saya masih terasa lelah akibat begadang di malam hari. Bagi saya, hal ini adalah sebuah kemunduran yang sangat berarti.

Bagi anda yang terbiasa dengan ritme tidur larut malam, dan anda bisa terbiasa dengan hal itu, maka kegiatan ini OK-OK saja. Apalagi bila anda tidak harus pergi bekerja atau melakukan aktifitas tertentu di pagi hari. Ada teman yang terbiasa tidur 4-5 jam sehari, dan tetap sehat. Dalam kasus ini, tidur larut malam menjadi bukan suatu masalah. Tetapi bagi saya yang terbiasa tidur 7 jam sehari, kebiasaan tidur larut malam membuat kwalitas hidup saya menurun drastis.

Pikiran saya kembali membayangkan betapa bangun pagi hari membuat hidup menjadi lebih indah. Untuk memperkuat tekad mendisiplinkan diri, di sini saya merinci keuntungan yang saya dapat jika saya kembali pada rutinitas pagi hari seperti dulu.

Suasana pagi hari lebih tenang, tidak ada keributan, tidak banyak suara mobil, tidak ada televisi, tidak ada anak rewel. Dalam suasana seperti ini, kegembiraan muncul dalam hati kita. Kita bisa menikmati dinginnya pagi hari. Suasana matahari terbit sangatlah indah. Merasakan terbitnya matahari yang membuat dunia kita perlahan-lahan semakin terang.

Bangun pagi membuat kita tidak terburu-buru oleh waktu. Kita tidak terburu-buru membuka toko atau mengantar anak sekolah. Memulai hari dengan suasana tenang dan gembira membuat kehidupan kita pada satu hari itu menjadi lebih baik. Memulai kehidupan pada pagi hari dengan suasana terburu-buru, apalagi dengan rasa jengkel dan marah, sungguh sesuatu yang berbeda.

Kita lebih mensyukuri hidup ini, karena kita bisa memulai kembali hidup pada hari ini dengan kondisi batin yang lebih baik. Pagi hari adalah saat yang tepat untuk menyatakan rasa syukur kita akan kehidupan yang kita jalani. Ini membuat diri kita lebih menghargai hidup.

Anda punya waktu untuk sarapan dengan lebih baik. Sarapan adalah makanan yang paling berguna dibanding makan siang dan makan malam. Di samping itu, makan pagi dengan tenang terasa lebih nikmat daripada makan siang di tengah kesibukan pekerjaan.

Dengan bangun pagi, saya punya waktu lebih untuk bermeditasi. Meditasi di pagi hari sangat bermanfaat karena fisik kita segar, tidak lelah. Pikiran dan emosi pun belum terganggu dengan berbagai aktifitas. Meditasi di pagi membuat hidup kita menjadi Luar Biasa.

Bangun pagi membuat badan lebih segar dan produktifitas kita menjadi lebih baik. Ketenangan pagi hari membuat kita bisa merencanakan kegiatan hari itu dengan lebih baik. Persiapan pun bisa dilakukan lebih matang. Anda bisa pergi kerja lebih pagi sehingga terhindar dari kemacetan, sehingga lebih hemat bahan bakar. Bahkan anda punya waktu untuk berjalan kaki atau bersepeda menuju tempat kerja jika jaraknya tidak terlalu jauh.

Berdasarkan sebuah riset ternyata Penyebab utama kerusakan hati adalah tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang. Sebab jadwal kerja tubuh manusia adalah:

- Malam hari pukul 21.00 - 23.00 : adalah pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun( de-toxin) dibagian system antibody (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negative untuk kesehatan.

- Malam hari pukul 23.00 - dini hari 01.00 : saat proses de-toxin dibagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

- Dini hari 01.00 - 03.00 : proses de-toxin dibagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

- Dini hari 03.00 - 05.00: de-toxin dibagian paru-paru, sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selam durasi waktu ini.

Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernapasan, maka tidak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

- Pagi pukul 05.00 - 07.00 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air besar.

- Pagi pukul 07.00 - 09.00 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pukul 06.30. Makan pagi sebelum pukul 07.30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap mengubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pukul 9-10 daripada tidak makan sama sekali.

- Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.

- Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi membuat kwalitas hidup Anda menjadi Luar Biasa !

0 comments:

Erna Website

 

Kamus Bahasa Indonesia

Subscribe Now: iheart

I heart FeedBurner

Erna Website is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com