TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA

Tuesday, April 28, 2009

Rajin Mencuci Tangan Langkah Awal Tangani Virus Flu Singapura

. Tuesday, April 28, 2009

Obat dan vaksin flu Singapura belum ditemukan. Namun, virus maut yang telah merebak di Depok, Jawa Barat, ini bisa dicegah. Salah satunya, dengan rajin mencuci tangan.
Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Depkes,
Dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), kepada detikcom, Kamis (16/4/2009), mengatakan, tidak ada pencegahan khusus untuk HFMD.

Tetapi risiko tertular dapat diturunkan dengan good hygienic practise (PHBS), seperti mencuci tangan, dan lain-lain."Penyakit Tangan Kaki Mulut (TKM) ini menyerang sebagian besar adalah anak usia di bawah 10 tahun dan sampai saat ini belum ada obat atau vaksinnya," kata Tjandra.

Bila ditemukan tanda-tanda yang membahayakan penderita, seperti gejala neurologi, kejang mioklonik, iritabel, insomnia, abdomen distensi, muntah berulang, sesak nafas, dan halusinasi, pasien harus segera dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Beberapa upaya pencegahan dan penanggulangan terhadap penyakit TKM antara lain
- Pertama, meningkatkan higiene/kebersihan perorangan, seperti cuci tangan dengan sabun, menutup mulut dan hidung bila batuk dan bersin, serta tidak menggunakan secara bersama-sama alat-alat rumah tangga (misal cangkir, sendok, garpu) dan alat kebersihan pribadi (misal handuk, lap muka, sikat gigi dan pakaian, terutama sepatu dan kaus kaki).

- Kedua, membersihkan alat-alat yang terkontaminasi dengan air dan sabun.

- Ketiga, melakukan pengamatan terhadap kontak penderita dalam satu rumah secara ketat.

Tindakan kewaspadaan dini dan kesiap siagaan dengan melakukan koordinasi dan advokasi serta respons cepat bagi instansi yang berwenang apabila ditemukan adanya peningkatan penderita penyakit TKM pada suatu lokasi yang sama, seperti :
- Pertama meliburkan sekolah (selama 2 kali masa inkubasi terpanjang, sekitar 12 hari).
- Kedua, melakukan tindakan perbaikan kualitas sanitasi lingkungan melalui desinfeksi dan dekontaminasi, baik di lingkungan permukiman maupun sekolah.

Selanjutnya, melakukan tindakan pengamanan lingkungan guna mencegah kepanikan masyarakat dan hal-hal yang dapat mengganggu upaya pencegahan dan penanggulangan terhadap penyakit TKM ini.

0 comments:

Erna Website

 

Kamus Bahasa Indonesia

Subscribe Now: iheart

I heart FeedBurner

Erna Website is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com