TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA

Monday, January 10, 2011

Tips Menghilangkan Kejenuhan

. Monday, January 10, 2011

Pernahkan anda merasa jenuh, bosan bahkan merasa tidak tertantang atau bahasa kerennya mandek, seperti kurang bersemangat dan seperti kehilangan gairah? Hal-hal tersebut secara tidak langsung membuat diri anda seakan tidak memiliki semangat hidup alias tanpa tujuan dan semangat baru. Gejala tersebut jangan disepelekan atau dibiarkan secara terus menerus dalam waktu panjang karena dapat menyebabkan depresi yang berkepanjangan, tetapi perlu dicharge atau 'tune up' agar memiliki semangat baru apalagi di tahun yang masih baru, tahun 2011 yang penuh tantangan.

Seorang penulis dan editor asal Amerika Serikat yang terkenal dengan bukunya "Wake Up and Live and Becoming a Writer" bernama Dorothea Brande, memberikan beberapa tip latihan mental agar membuat pikiran lebih tajam disaat yang sama meningkatkan semangat dan energi positif. Latihan-latihan yang dianjurkannya adalah untuk menarik kita keluar dari kebiasaan dan rutinitas serta memberikan perspektif berbeda, serta menempatkan kita ke dalam situasi yang membutuhkan akal serta kreativitas dalam memecahkan masalah.

Latihan yang dianjurkan dapat dapat dilakukan sendiri, dimana saja, kapan saja tanpa mengenal batas waktu dan tempat. Hasilnya adalah dengan cara melakukan peregangan secara sungguh-sungguh akan dapat mengembangkan kekuatan mental serta mengembalikan semangat baru.

Tips Mengembalikan Semangat Baru
1. Berdiam Diri
Dianjurkan untuk menggunakan waktu paling sedikit satu jam setiap hari dengan tidak berkata apa-apa. Kecuali, untuk menjawab pertanyaan secara langsung, di tengah-tengah kelompok, tanpa menimbulkan kesan merajuk atau sakit. Cobalah dengan cara bertahap serta bersikap sebiasa mungkin.

2. Berpikir
Dianjurkan untuk berkonsentrasi atau berpikir tentang satu subjek selama 30 menit setiap hari.
Berpikir tentang satu subjek sebaiknya dimulai dengan cara bertahap, seperti mulailah dalam lima menit kemudian meningkatkannya secara perlahan menjadi 30 menit setiap hari.

3. Berbicara
Dianjurkan untuk menghilangkan kata "Aku", "Saya", atau "Milik Saya" selama 15 menit dalam setiap pembicaraan.
Belajar mengurangi kata "Aku", "Saya" ata "Milik Saya" dalam berbicara selam 15 menit perhari, membantu mengurangi keegoisan secara perlahan.

4. Berdiam
Dianjurkan untuk mencobalah untuk diam diri di tengah-tengah keramaian

5. Berteman
Dianjurkan untuk melakukan kontak dengan orang baru, paling tidak menambah teman-teman dalam situs jaringan sosial anda semisal Facebook, Twiter, Multiply, Blogger, Myspace atau berbagai situs jaringan pertemanan lainnya biarkan teman anda menceritakan banyak hal soal dirinya tanpa ia menyadari dan anda menjadi pendengar yang budiman.

6. Bercerita
Belajar menceritakan secara eksklusif tentang diri sendiri dan kesenangan tanpa mengeluh, membual atau membuat bosan teman. Bisa juga untuk belajar menceritakan pengalaman pribadi di blog, siapa tahu bisa berguna bagi orang lain. Mungkin pengalaman anda secara sangat mata anda rasa biasa-biasa saja, tetapi bagi orang lain bisa menjadi suatu inspirasi. Pengalaman anda bisa menginspirasi seseorang pastinya.

7. Berencana
Sebaiknya selama dua jam setiap hari, buat rencana apa yang akan anda lakukan. Setelah rencana dibuat, didiplinlah diri anda sendiri untuk konsekuen terhadap rencana yang anda buat.

8. Beri Diri Kejutan Buka Rutinitas
Sebaiknya atur secara spontan dan acak kegiatan harian anda. Misalnya, apabila setiap hari sepulang bekerja harus menjemput anak lalu pulang, sekali-sekali usahakan sebelum pulang mengunjungi mall terlebih terlebih dahulu. Atau apabila anda memiliki kebiasaan bangun pagi langsung minum, usahakan saat bangun pagi berkaca atau melakukan hal lain terlebih dahulu. Atau anda melewati jalan yang sama setiap hari usahakan melewati jalan lain, walaupun agak panjang, tetapi dapat membantu mengurangi kebosanan anda. Mengapa hal ini dilakukan adalah untuk menghindari rutinitas yang akan menimbulkan kebosanan dalam keseharian anda.
Belajarlah membuat kegiatan berbeda dari rutinitas harian anda!

9. Beri Jawaban "YA"
Belajarlah setiap hari untuk meluangkan waktu memberikan jawaban "Ya" dari setiap permintaan teman, tetapi tentunya yang masuk akal. Belajar meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan menyenangkan orang-orang yang berada disekitar anda.

Semoga bermanfaat.
Dikutip dan disadur dari vivanews

Jakarta, 11 January 2011

0 comments:

Erna Website

 

Kamus Bahasa Indonesia

Subscribe Now: iheart

I heart FeedBurner

Erna Website is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com